027. Hijrah…

Image result for hijrah perempuan

Hijrah memang bukan jalan yang mudah, seperti bercocok tanam, menanam kebaikan sedikit demi sedikit seperti menanam tanaman tanaman kebaikan, ada yang tidak suka melihat tanaman saya tumbuh lalu menginjak injak benih yang saya tanam sebelum sempat saya memetik atau sekedar melihat hasilnya, buat mereka tidak ada kesempatan buat si pendosa untuk bertaubat, sekali salah salah, gak ada maaf, manusia kadang lebih kejam dari Allah..

Iya, hijrah ibarat bercocok tanam ditanah yang gersang, semua ada ujiannya, tanah harus gempur dulu sebelum basah dan siap ditanam, dan saya menanti hujan, yang entah kapan akan datang, karena Allah tak menjanjikan bahwa hujan akan datang, DIA hanya meminta saya tidak berhenti untuk berladang, dengan sabar dan shalat menanti hujan, lalu ada yang tidak suka melihat kesabaran saya, ia mengejek, mencela, mengatakan bahwa “sudah, gak usah hijrah, dosa lo udah gak bisa diampuni” astaghfirullah !! teganya manusia, si pendosa ini sedang mencari Allah, tolong bantu dengan ikut berdoa agar hujan cepat turun dan tanaman kebaikannya tumbuh subur, bisa kah?

Lalu saya akan terdiam, menghentikan cocok tanam saya, merasa lelah mencangkul dan menyiram karena merasa Allah sudah menghukum saya melalui omongannya, bahwa tanaman saya tak akan tumbuh, bahwa Allah tidak menerima taubat saya, dan saya terpuruk lagi ditengah ladang yang baru gempur, dan saya akan terpuruk merasa bahwa benih ini akan sia sia..

Saya lupa bahwa saya menanam kebaikan ini untuk Allah bukan untuk manusia, bukan untuk dunia, tapi untuk Allah.. dan mintalah pertolongan Allah dengan sabar dan shalat kata Allah..

Makanya di hadits pertama di kumpulan hadits arbain adalah tentang NIAT hijrah karena Allah, selalu ingatkan diri karena Allah, memang tidak mudah, karena dunia akan selalu membelokan niat, dan jangan katakan dirimu beriman jika tidak teruji, ini benar !! Maha Benar Allah dengan segala firmanNya, ketika kita berhijrah, dari mulai niat hingga hasil akan diuji, kenapa diuji?karena Allah sayang orang orang yang berhijrah, karena level tertinggi dari syurga adalah untuk orang orang ikhlas, dan ikhlas tergantung niat #nyes

Bumi ini adalah ujian, dan orang yang berhijrah akan diberikan ujian dengan ujian ujian yang tidak pernah ia rasakan sebelumnya, Masya Allah.. dan Allah ciptakan manusia lelah, bersusah payah, jadi jika hijrah itu berat itu udah benar, memang lelah, memang berat, memang tidak mudah, tapi kan ada Allah, minta tolong Allah… jangan jauh dari Quran, dan ingat bahwa setan akan punya banyak cara untuk membuat saya lelah, untuk menyesatkan saya, sedikit saja saya bergeser dari Allah dan Quran, setan masuk dengan lembut, mendorong saya untuk meninggalkan ladang kebaikan yang sedang saya tanam agar layu.

Duhai diri, teruslah berlari kepada Allah, teruslah membaca Quran, jangan lepas dzikir karena Allah sedang menyiapkan kita menjadi orang mulia, orang besar, menjadi orang yang kuat, yang didalam dirinya mengalir cinta pada Allah, mengalir kasih sayang Allah, nikmati pahitnya hijrah, sampai kapan? sampai napas ini berhenti, napas pasti akan berhenti, pasti !! besarnya balasan tergantung besarnya ujian, semua badai akan berlalu…

Semoga Allah menguatkan mereka yang sedang mencari Allah, memulikan hidup dan mati karena niatnya untuk mencari Allah,

Allah, kuatkan hamba yang kadang lemah atas ujian demi ujianMu.. #nangis

-Hijrah Notes-

Author: Rindu Istiqomah

Hidup adalah Perjalanan Menuju Mati

Leave a Reply

